
Gowa – SMA Negeri (SMAN) 1 Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), menunjukkan komitmennya terhadap pendidikan yang relevan dan transformatif lewat pelaksanaan kegiatan Pengimbasan Program Generasi Terampil untuk 21 guru penanggung jawab Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Digelar pada 2 Mei 2025, kegiatan ini menekankan pentingnya pembelajaran berbasis projek yang kontekstual dan berorientasi pada penguatan keterampilan abad ke-21.
Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Seksi SMA Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Gowa, Andi Tasri, yang menekankan pentingnya peran guru dalam mentransformasikan pembelajaran agar lebih relevan dengan tantangan dunia kerja dan kehidupan sosial saat ini. Sementara itu, Ketua Panitia, Nur Ilmi, menyebut program ini sebagai langkah strategis untuk mengintegrasikan nilai-nilai P5 melalui pendekatan yang aplikatif dan bermakna.
Di tempat yang sama, kepala sekolah SMAN 1 Gowa, Islamuddin, menyatakan dukungan penuh terhadap pelaksanaan program tersebut. Ia menegaskan pentingnya peran guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang mendorong siswa menjadi pribadi kreatif, mampu bekerja sama, dan tangguh menghadapi perubahan zaman.
Program Generasi Terampil dengan melibatkan tenaga pendidik, kata dia, hadir sebagai solusi strategis menjawab tantangan pendidikan di Sulawesi Selatan dengan fokus membekali siswa keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kreativitas, dan kolaborasi. Melalui pendekatan pembelajaran berbasis praktik, siswa dilatih mengasah kompetensi yang relevan dengan kebutuhan dunia industri dan masyarakat.
Luaran kegiatan ini menunjukkan keberhasilan peserta dalam mengintegrasikan Program Generasi Terampil ke dalam menangani P5 di sekolah. Integrasi tersebut membuat pembelajaran lebih kontekstual dengan kehidupan nyata sekaligus memperkuat karakter serta kesiapan siswa menghadapi tantangan masa depan.
Dengan demikian, SMAN 1 Gowa menunjukkan komitmennya dalam membangun model pembelajaran yang relevan dan berdampak bagi generasi muda di Sulsel. Lewat pendekatan kolaboratif dan inovatif, sekolah ini berupaya keluar dari pola ajar konvensional dan menyesuaikan diri dengan tantangan zaman.
Editor: (AUD)